Hemat Bahan Bakar 127 Km Per Liter, Wasaka ULM Juara 3

RAIH JUARA 3: Wasaka Adaro Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Team meraih Juara 3 - Foto Dok Adaro.

TOPRILIS.COM, KALSEL - Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024 kategori Urban kelas MPD Gasoline 2024 berhasil menempatkan Wasaka Adaro Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Team meraih Juara 3.  

Kontes Mobil Hemat Energi tersebut diadakan oleh BPTI Puspresnas di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), 5-10 Oktober 2024.

Mobil yang diberi nama “Samudera Antasari Evo III” berhasil mencapai efisiensi 127 km/l dengan bahan bakar bensin sawit. Ada peningkatan sekitar 6,49 km/l dari raihan efisiensi tahun sebelumnya, yaitu 120,51 km/l. 

Atas raihan ini, Arifah Pagis (Arif) General Manager Wasaka Adaro ULM Team menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang diraih.

“Kami sangat bersyukur tahun ini meraih podium dan juara 3,” jelasnya melalui keterangan tertulis.

Proses pengerjaan mobil Samudera Antasari Evo III memakan waktu 3 bulan, dari bulan Juli – September 2024. Memiliki massa 61,86 kg, mobil ini dirancang dengan body berbahan dasar carbon fiber, sasis monohok berbahan carbon, sehingga bobot mobil jauh lebih ringan dan kuat. 

“Mulai dari engine, sasis, dan body hampir semua dirancang dan dibuat baru,” ungkap Arif.

Perubahan yang dilakukan lainnya, yaitu melakukan perubahan pada sistem pengereman untuk mengurangi gesekan dan bobot dengan mengganti kaliper dan discbrake. Kemudian, mengganti drivetrain dengan konstruksi yang lebih sederhana, mengubah system steering yang lebih stabil dan berbobot ringan.

Selama mengikuti lomba, tim yang beranggotakan 25 mahasiswa dari berbagai prodi di Fakultas Teknik ULM, menemukan berbagai kendala, mulai dari masalah pengereman hingga bearing. 

“Remnya gesek, tidak mau balik. Gelindingan mobil (putaran ban) kurang jauh dan ban masih berat. Bearing masih seret, karena kaki-kaki yang belum sempurna,” jelas Arif.

Meski menghadapi kendala, mobil “Samudera Antasari Evo III” mampu meraih podium dan keluar sebagai juara 3. Senada dengan namanya, Wasaka atau Waja Sampai Kaputing yang berarti perjuangan sampai akhir, Wasaka Adaro ULM Team juga tidak mau berhenti berusaha dalam membuat mobil yang lebih baik pada kesempatan berikutnya.

“Tentu, kami tidak berpuas diri dengan raihan KMHE tahun ini. Kami akan terus memperbaiki kekurangan-kekurangan pada mobil ini, terus melakukan riset dan pengembangan untuk meningkatkan efisiensi mobil selanjutnya,” tutup Arif.(rls/elhami)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama